kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 19:1-18 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yerusalem luput dari tangan Sanherib
19:1 Segera sesudah raja Hizkia mendengar itu, dikoyakkannyalah pakaiannya dan diselubunginyalah badannya dengan kain kabung, lalu masuklah ia ke rumah TUHAN. 19:2 Disuruhnyalah juga Elyakim, kepala istana, Sebna, panitera negara, dan yang tua-tua di antara para imam, dengan berselubungkan kain kabung, kepada nabi Yesaya bin Amos. 19:3 Berkatalah mereka kepadanya: "Beginilah kata Hizkia: Hari ini hari kesesakan, hari hukuman dan penistaan; sebab sudah datang waktunya untuk melahirkan anak, tetapi tidak ada kekuatan untuk melahirkannya. 19:4 Mungkin TUHAN, Allahmu, sudah mendengar segala perkataan juru minuman agung yang telah diutus oleh raja Asyur, tuannya, untuk mencela Allah yang hidup, sehingga TUHAN, Allahmu, mau memberi hukuman karena perkataan-perkataan yang telah didengar-Nya. Maka baiklah engkau menaikkan doa untuk sisa yang masih tinggal ini!" 19:5 Ketika pegawai-pegawai raja Hizkia sampai kepada Yesaya, 19:6 berkatalah Yesaya kepada mereka: "Beginilah kamu katakan kepada tuanmu: Beginilah firman TUHAN: Janganlah engkau takut terhadap perkataan yang kaudengar yang telah diucapkan oleh budak-budak raja Asyur untuk menghujat Aku. 19:7 Sesungguhnya, Aku akan menyuruh suatu roh masuk di dalamnya, sehingga ia mendengar suatu kabar dan pulang ke negerinya; Aku akan membuat dia mati rebah oleh pedang di negerinya sendiri." 19:8 Ketika juru minuman agung pulang, didapatinyalah raja Asyur berperang melawan Libna; sebab sudah didengarnya bahwa raja telah berangkat dari Lakhis. 19:9 Dalam pada itu raja mendengar tentang Tirhaka, raja Etiopia, berita yang demikian: "Sesungguhnya, ia telah keluar berperang melawan engkau," maka disuruhnyalah kembali utusan-utusan kepada Hizkia dengan pesan: 19:10 "Beginilah harus kamu katakan kepada Hizkia, raja Yehuda: Janganlah Allahmu yang kaupercayai itu memperdayakan engkau dengan menjanjikan: Yerusalem tidak akan diserahkan ke tangan raja Asyur. 19:11 Sesungguhnya, engkau ini telah mendengar tentang yang dilakukan raja-raja Asyur kepada segala negeri, yakni bahwa mereka telah menumpasnya; masakan engkau ini akan dilepaskan? 19:12 Sudahkah para allah dari bangsa-bangsa, yang telah dimusnahkan oleh nenek moyangku, dapat melepaskan mereka, yakni Gozan, Haran, Rezef dan bani Eden yang di Telasar? 19:13 Di manakah raja negeri Hamat dan Arpad, raja kota Sefarwaim, raja negeri Hena dan Iwa?" 19:14 Hizkia menerima surat itu dari tangan para utusan, lalu membacanya; kemudian pergilah ia ke rumah TUHAN dan membentangkan surat itu di hadapan TUHAN. 19:15 Hizkia berdoa di hadapan TUHAN dengan berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel, yang bertakhta di atas kerubim! Hanya Engkau sendirilah Allah segala kerajaan di bumi; Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi. 19:16 Sendengkanlah telinga-Mu, ya TUHAN, dan dengarlah; bukalah mata-Mu, ya TUHAN, dan lihatlah; dengarlah perkataan Sanherib yang telah dikirimnya untuk mengaibkan Allah yang hidup. 19:17 Ya TUHAN, memang raja-raja Asyur telah memusnahkan bangsa-bangsa dan negeri-negeri mereka 19:18 dan menaruh para allah mereka ke dalam api, sebab mereka bukanlah Allah, hanya buatan tangan manusia, kayu dan batu; sebab itu dapat dibinasakan orang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amos father of the prophet Isaiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Arpad a town of Syria 40 km north of Aleppo & 100 km east of the Great Sea
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Eden a place near where the Tigris and Euphrates Rivers meet (NIVsn),son of Joah (Gershon Levi) in King Hezekiah's time,a district along the Euphrates River south of Haran (NIVsn)
 · Elyakim son of Abiud the son of Zerubbabel over 20generations from David; an ancestor of Jesus,son of Melea, only 4 generations from David; an ancester of Jesus,son of Hilkiah; head of Hezekiah's household,son of Josiah; made king of Judah by Pharaoh Neco,a priest who helped celebrate the completion of the wall
 · Etiopia a country south of Egypt
 · Gozan a town on the Habor River 100 km ESE of Haran
 · Hamat a town on the west shore of Lake Galilee
 · Haran a town of upper Mesopotamia,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Haran',son of Terah; brother of Abraham,a Levitical chief of the descendants of Ladan under King David; son of Shimei,as representing the Hebrew name 'Xaran', beginning with a velar fricative,son of Caleb of Judah and Ephah his concubine
 · Hena a town on the Euphrates about 300 km NW of ancient Babylon (ZD)
 · Hizkia son of Neariah, a descendant of Jeconiah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Iwa a town in Syria
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Lakhis a town of Judah 23 km west of Hebron & 40 km north of Beersheba (SMM)
 · Libna a place where Israel encamped,a town in the western foothills of Judah 12 km SE of Gath & 23 km NE of Hebron
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Rezef a nation (town-state)
 · Sanherib king of Assyria; enemy of King Hezekiah of Judah
 · Sefarwaim a town in a region 200 to 400 miles north of Damascus
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Telasar a town in the middle of the Euphrates
 · Tirhaka the king of Ethiopia (Hebrew "Cush" which is the upper Nile region) in the time of Hezekiah
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"


Topik/Tema Kamus: Hizkia | Yesaya | Sanherib | Asyur, Orang | Raja-raja, Kitab-kitab | Yerusalem | Raja | Asyur | Kaki Kabung | Hujat, Penghujatan | Eden | Nista Dan Celaan | Kerub | Pakaian | Nabi | Gurun (Padang) | Sudan | Tirhaka | Telasar | Rezif | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 19:1 - HIZKIA ... MASUKLAH IA KE RUMAH TUHAN. Nas : 2Raj 19:1 Hizkia memiliki keyakinan kokoh akan Allah (2Raj 18:5). Ketika menghadapi ancaman bangsa Asyur (2Raj 18:17-37) dan jijik karena mer...

Nas : 2Raj 19:1

Hizkia memiliki keyakinan kokoh akan Allah (2Raj 18:5). Ketika menghadapi ancaman bangsa Asyur (2Raj 18:17-37) dan jijik karena mereka menghujat Tuhan (2Raj 18:30-35), dia berpaling kepada Allah dan mendorong Yesaya untuk mendoakan Yerusalem dan kaum sisa Allah (ayat 2Raj 19:2-4).

Full Life: 2Raj 19:15 - HIZKIA BERDOA. Nas : 2Raj 19:15 Hizkia membawa surat tantangan yang menuntut penyerahan Yerusalem, membentangkannya di hadapan Tuhan dan berdoa dengan sungguh-sun...

Nas : 2Raj 19:15

Hizkia membawa surat tantangan yang menuntut penyerahan Yerusalem, membentangkannya di hadapan Tuhan dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Ketika kesulitan melanda kehidupan kita dan situasi tampaknya tidak terkendalikan lagi, kita harus bertindak seperti yang dilakukan Hizkia -- menghampiri Allah di dalam doa yang sungguh-sungguh dan penuh kepercayaan. Allah telah berjanji untuk membebaskan umat-Nya dari tangan musuh-musuh mereka dan tidak membiarkan terjadinya sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak-Nya (Mat 6:25-34); dengan berpegang erat-erat kepada Allah dalam iman dan kepercayaan, kita akan memiliki damai sejahtera-Nya yang memelihara hati dan pikiran kita (Fili 4:6-7).

BIS: 2Raj 19:15 - kerub kerub: Golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap, lambang keagungan Allah dan kehadiran-Nya.

kerub: Golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap, lambang keagungan Allah dan kehadiran-Nya.

Jerusalem: 2Raj 19:2 - Disuruhnyalah Seperti raja-raja Israel dan Yehuda dahulu, demikianpun Hizkia menghubungi seorang nabi sebagai penasehat dalam hal perang. bdk 1Ra 22:8 dst; 2Ra 3:11...

Seperti raja-raja Israel dan Yehuda dahulu, demikianpun Hizkia menghubungi seorang nabi sebagai penasehat dalam hal perang. bdk 1Ra 22:8 dst; 2Ra 3:11 dst;2Ra 6:8 dst. dll.

Jerusalem: 2Raj 19:3 - sebab sudah datang.... Ini agaknya sebuah peribahasa yang mengungkapkan keadaan yang sangat gawat.

Ini agaknya sebuah peribahasa yang mengungkapkan keadaan yang sangat gawat.

Jerusalem: 2Raj 19:4 - sisa yang masih tinggal Salah satu gagasan penting dalam pengajaran nabi Yesaya ialah: sebuah sisa umat akan selamat, bdk Yer 4:3+; dan di sini 2Ra 19:30-31.

Salah satu gagasan penting dalam pengajaran nabi Yesaya ialah: sebuah sisa umat akan selamat, bdk Yer 4:3+; dan di sini 2Ra 19:30-31.

Jerusalem: 2Raj 19:7 - suatu roh Yang dimaksud bukannya sebuah roh berpribadi, tetapi ilham ilahi yang mendorong hati manusia.

Yang dimaksud bukannya sebuah roh berpribadi, tetapi ilham ilahi yang mendorong hati manusia.

Jerusalem: 2Raj 19:9 - Tirhaka Tirhaka adalah seorang Firaun Mesir yang termasuk wangsa kerajaan Mesir yang ke-25. Ia berasal dari Etiopia dan karenanya di sini disebut "raja Etiopi...

Tirhaka adalah seorang Firaun Mesir yang termasuk wangsa kerajaan Mesir yang ke-25. Ia berasal dari Etiopia dan karenanya di sini disebut "raja Etiopia" (Kusy). Ia memerintah pada th 690-664 seb Mas dan lahir pada th 715 atau sebelumnya. Maka dalam th 701 ia belum raja dan belum cukup berumur untuk dapat memimpin tentara. Ada yang mengemukakan hipotesa sbb: Kisah Suci menderetkan dan menggabungkan dua kisah mengenai dua penyerbuan yang dilancarkan raja Sanherib. Yang satu terjadi pada th 701 dan kisahnya tercantum dalam "Tawarikh Sanherib". Penyerbuan kedua terjadi dalam th 689-688. Tidak ada satu dokumen Asyurpun yang berceritera tentang penyerbuan kedua itu. Kalau orang hanya mau menerima adanya satu penyerbuan saja, yaitu pada th 701, maka disebutkannya Tirhaka dalam Kitab Suci mesti dianggap kekeliruan. Penulis keliru oleh karena Tirhaka terkenal sebagai penyerbu dan perebut yang unggul.

Jerusalem: 2Raj 19:12 - Telasar Mungkin nama itu perlu diperbaiki menjadi: Tell-Basar.

Mungkin nama itu perlu diperbaiki menjadi: Tell-Basar.

Jerusalem: 2Raj 19:15 - yang bertakhta di atas kerubim Bdk Kel 25:18+.

Bdk Kel 25:18+.

Jerusalem: 2Raj 19:17 - dan negeri-negeri mereka Ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Ende: 2Raj 18:13--19:37 - -- Bagian ini (ketjuali 2Ra 18:14-16) terdapat djuga dalam Kitab Jesaja 36-39). Itu berasal dari Kitab Radja2 dan diambil alih oleh Kitab Jesaja, oleh se...

Bagian ini (ketjuali 2Ra 18:14-16) terdapat djuga dalam Kitab Jesaja 36-39). Itu berasal dari Kitab Radja2 dan diambil alih oleh Kitab Jesaja, oleh sebab nabi Jesaja memegang peranan penting dalam peristiwa2 jang dimuat disini.

Ende: 2Raj 18:17--19:37 - -- Kisah ini menimbulkan beberapa kesulitan. Untuk memetjahkannja beberapa ahli berpendapat, bahwa disini dihimpun dua berita, jang sedikit berbeda, meng...

Kisah ini menimbulkan beberapa kesulitan. Untuk memetjahkannja beberapa ahli berpendapat, bahwa disini dihimpun dua berita, jang sedikit berbeda, mengenai peristiwa jang sama. Teks harus dibagikan: 2Ra 18:17-19 serta 2Ra 19:36-37, jang merupakan suatu berita, dan berita lain terdapat dalam 2Ra 19:17-35. Ahli2 lain berpendapat, bahwa ada dua berita, tentang dua peristiwa (dua utusan Seri Rabsakeh). Teksnja harus disusun sbb: 2Ra 18:17-25 (satu berita) dan 2Ra 18:26-19:7. serta 2Ra 19:8-37.

Ajat2 2Ra 18:26-19:7 jang sekarang dihubungkan dengan utusan jang pertama, seharusnja bertalian dengan utusan jang kedua (2Ra 18:26-19:37).

Ende: 2Raj 19:9 - Kusj ialah Mesir. Sebenarnja ada Etiopia, tetapi wangsa Fare'o pada djaman itu berasal dari Etiopia, sehingga radja Mesir dinamakan menurut nama negeri asa...

ialah Mesir. Sebenarnja ada Etiopia, tetapi wangsa Fare'o pada djaman itu berasal dari Etiopia, sehingga radja Mesir dinamakan menurut nama negeri asalnja.

Bila orang beranggapan, bahwa kisah ini memuat dua berita mengenai satu peristiwa, maka kata "lagi" itu dianggap sebagai tambahan, jang dipergunakan si pengarang untuk menjambung kedua berita itu, hingga rupa2nja adalah dua peristiwa.

Endetn: 2Raj 19:14 - surat (2x) ..itu". Naskah Hibrani pakai djamak.

(2x) ..itu". Naskah Hibrani pakai djamak.

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:1 - dikoyakkannyalah · dikoyakkannyalah: Kej 37:34; Kej 37:34; Bil 14:6; Bil 14:6

· dikoyakkannyalah: Kej 37:34; [Lihat FULL. Kej 37:34]; Bil 14:6; [Lihat FULL. Bil 14:6]

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:2 - juga Elyakim // para imam // kain kabung // nabi Yesaya · juga Elyakim: 2Raj 18:18; 2Raj 18:18 · para imam: Yer 19:1 · kain kabung: Kej 37:34; Kej 37:34 · nabi Yesaya: Yes 1:1

· juga Elyakim: 2Raj 18:18; [Lihat FULL. 2Raj 18:18]

· para imam: Yer 19:1

· kain kabung: Kej 37:34; [Lihat FULL. Kej 37:34]

· nabi Yesaya: Yes 1:1

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:3 - datang waktunya · datang waktunya: Hos 13:13

· datang waktunya: Hos 13:13

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:4 - untuk mencela // memberi hukuman // untuk sisa · untuk mencela: 1Sam 17:26; 1Sam 17:26 · memberi hukuman: 2Sam 16:12 · untuk sisa: Kej 45:7; Kej 45:7; Yer 37:3; Yer 37:3

· untuk mencela: 1Sam 17:26; [Lihat FULL. 1Sam 17:26]

· memberi hukuman: 2Sam 16:12

· untuk sisa: Kej 45:7; [Lihat FULL. Kej 45:7]; Yer 37:3; [Lihat FULL. Yer 37:3]

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:6 - engkau takut // untuk menghujat · engkau takut: Ul 3:2; Ul 3:2; Yos 1:9; Yos 1:9 · untuk menghujat: 2Raj 18:25; 2Raj 18:25

· engkau takut: Ul 3:2; [Lihat FULL. Ul 3:2]; Yos 1:9; [Lihat FULL. Yos 1:9]

· untuk menghujat: 2Raj 18:25; [Lihat FULL. 2Raj 18:25]

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:7 - suatu kabar // oleh pedang · suatu kabar: Kel 14:24; Kel 14:24; Yer 51:46 · oleh pedang: 2Raj 19:37; 2Taw 32:21; Yes 10:12

· suatu kabar: Kel 14:24; [Lihat FULL. Kel 14:24]; Yer 51:46

· oleh pedang: 2Raj 19:37; 2Taw 32:21; Yes 10:12

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:8 - melawan Libna // dari Lakhis · melawan Libna: Bil 33:20; Bil 33:20; 2Raj 8:22; 2Raj 8:22 · dari Lakhis: 2Raj 18:14

· melawan Libna: Bil 33:20; [Lihat FULL. Bil 33:20]; 2Raj 8:22; [Lihat FULL. 2Raj 8:22]

· dari Lakhis: 2Raj 18:14

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:10 - yang kaupercayai // itu memperdayakan · yang kaupercayai: 2Raj 18:5; 2Raj 18:5 · itu memperdayakan: 2Raj 18:29

· yang kaupercayai: 2Raj 18:5; [Lihat FULL. 2Raj 18:5]

· itu memperdayakan: 2Raj 18:29

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:12 - dapat melepaskan // yakni Gozan // Haran · dapat melepaskan: 2Raj 18:33; 2Taw 32:17 · yakni Gozan: 2Raj 17:6 · Haran: Kej 11:31; Kej 11:31

· dapat melepaskan: 2Raj 18:33; 2Taw 32:17

· yakni Gozan: 2Raj 17:6

· Haran: Kej 11:31; [Lihat FULL. Kej 11:31]

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:13 - dan Iwa · dan Iwa: Yes 10:9-11; Yer 49:23

· dan Iwa: Yes 10:9-11; Yer 49:23

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:14 - menerima surat · menerima surat: 2Raj 5:7

· menerima surat: 2Raj 5:7

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:15 - atas kerubim // Engkau sendirilah · atas kerubim: Kej 3:24; Kej 3:24; Kel 25:22; Kel 25:22 · Engkau sendirilah: Kej 1:1; Kej 1:1; Yos 2:11; Yos 2:11

· atas kerubim: Kej 3:24; [Lihat FULL. Kej 3:24]; Kel 25:22; [Lihat FULL. Kel 25:22]

· Engkau sendirilah: Kej 1:1; [Lihat FULL. Kej 1:1]; Yos 2:11; [Lihat FULL. Yos 2:11]

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:16 - Sendengkanlah telinga-Mu // dan dengarlah // bukalah mata-Mu · Sendengkanlah telinga-Mu: Mazm 31:3; 71:2; 88:3; 102:3 · dan dengarlah: 1Raj 8:29; 1Raj 8:29 · bukalah mata-Mu: Kel 3:16; Kel 3...

· Sendengkanlah telinga-Mu: Mazm 31:3; 71:2; 88:3; 102:3

· dan dengarlah: 1Raj 8:29; [Lihat FULL. 1Raj 8:29]

· bukalah mata-Mu: Kel 3:16; [Lihat FULL. Kel 3:16]

Ref. Silang FULL: 2Raj 19:18 - bukanlah Allah // tangan manusia · bukanlah Allah: Yes 44:9-11; Yer 10:3-10 · tangan manusia: Ul 4:28; Mazm 115:4; Kis 17:29

· bukanlah Allah: Yes 44:9-11; Yer 10:3-10

· tangan manusia: Ul 4:28; Mazm 115:4; Kis 17:29

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Raj 19:1-7 - Hizkia Memohon Doa Yesaya Kesesakan besar yang menimpa Yerusalem kita baca di dalam pasal sebelumnya, dan meninggalkannya terkepung, dihina, diancam, ditakut-takuti, dan han...

Matthew Henry: 2Raj 19:8-19 - Sanherib Mengirim Pesan kepada Hizkia Sanherib Mengirim Pesan kepada Hizkia (19:8-19) Sesudah menyampaikan pesannya dan tidak menerima balasan, entah dia memahami tutup mulut dari raja ...

SH: 2Raj 19:1-13 - Harta dan kemuliaan Allah (Selasa, 11 Juli 2000) Harta dan kemuliaan Allah Ingatkah Anda akan salah satu ucapan Yesus: di mana hartamu berada di situ hatimu berada? Harta adalah segala sesuatu ...

SH: 2Raj 19:1-19 - Sehati berdoa, sehati beriman (Jumat, 8 Juli 2005) Sehati berdoa, sehati beriman Saat tantangan datang mendera kehidupan anak-anak Tuhan, langkah paling tepat adalah berpaling kepada Tuhan memohon per...

SH: 2Raj 19:1-37 - Masalah Kita = Kesempatan Allah (Sabtu, 19 September 2015) Masalah Kita = Kesempatan Allah Situasi krisis sering dihadapi oleh orang percaya dengan dua cara, yaitu: datang kepada Allah atau meninggalkan Allah...

SH: 2Raj 19:1-37 - Percaya kepada Tangan Tuhan (Selasa, 14 Februari 2023) Percaya kepada Tangan Tuhan Israel adalah kerajaan kecil yang terjepit di antara imperium raksasa di sekelilingnya: Mesir, Asyur, Persia, dan Babel. ...

SH: 2Raj 19:14-37 - Membayar atau dibayar mahal? (Rabu, 12 Juli 2000) Membayar atau dibayar mahal? Pemazmur mengatakan bahwa orang fasik bagaikan sekam yang ditiup angin (Mzm. 1:4). Sekam yang biasanya    ditumpuk men...

Topik Teologia: 2Raj 19:15 - -- Allah yang Berpribadi Allah adalah Satu-satunya Allah Kel 8:10 Kel 15:11 Kel 18:9-11 Kel 20:3 Kel 34:14 Ula 4:35 Ula 6:4 Ula 32...

Topik Teologia: 2Raj 19:16 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Tidak Sopan 2Ra 19:16 2Ta 36:16 Neh 4...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Matthew Henry: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kitab kedua dari Raja-raja ini (yang dalam Septuaginta, terhitung dari Kitab Samuel, disebut dengan kitab keempat) merupakan kelanjutan dari Kitab ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.34 detik
dipersembahkan oleh YLSA